Sabtu, 16 Juli 2011

Pemerintah Filipina akan Danai Madrasah

Hidayatullah.com--Pemerintah Filipina telah mengumumkan akan mengeluarkan dana sebesar 251,6 juta peso (US$5.9 juta) untuk mendanai program pendidikan madrasah.

Sekretaris Anggaran, Florencio Abad dalam sebuah pernyataan minggu ini mengatakan dana yang dikeluarkan melalui Departmen Pendidikan itu sesuai dengan komitmen Presiden Benigno Aquino untuk memperbaiki standar pendidikan di negeri itu, selain sebagai sarana untuk perdamaian dan pengembangan.

“Pendidikan merupakan strategi utama pemerintahan Aquino untuk menginvestasi pada masyarakat dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk mendapatkan pekerjaan yang layak,” kata Abad.

Ia menambahkan bahwa pemerintah juga perlu “membesarkan dan melembagakan pendidikan madrasah” sebagai bagian dari sistem pendidikan dasar nasional.

Program pendidikan madrasah memiliki tiga komponen: Bahasa Arab dan Pendidikan Nilai Islam (ALIVE) di sekolah-sekolah negeri, ALIVE untuk kaum muda dan dewasa di luar sekolah Islam, dan membantu madaris swasta (sekolah-sekolah untuk pendidikan agama yang lebih tinggi).

Dari dana yang dikeluarkan, 173,25 juta peso akan diserahkan kepada kantor sekretaris pendidikan, sementara 78,35 juta peso akan diserahkan secara langsung ke kantor divisi sekolah untuk membayar tunjangan bagi guru-guru Muslim.

Abad mengatakan dana yang dikeluarkan adalah 48,4 juta peso, kurang dari 300 juta peso yang diminta melalui departmen pendidikan.*

Foto: Para siswa dan guru pada peluncuran program bahasa Arab di madrasah di Tacloban City (ucanews.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar anda

Sekretariat : Jl. Raya Namalean-Sikaru
Kataloka-Seram Bagian Timur,Tlp. 081341535713
Email : man.namsik@gmail.com
Kepala Sekolah : Safruddin, S.Pd